WeLcoMe To my Blog

_WELCOME TO MY BLOG_

Sabtu, 28 April 2012

Sekillas Tentang Akuntansi Internasional

Akuntansi merupakan kegiatan pencatatan ntuk menghasilkan suatu laporan. Sedangkan yang dimaksud dengan kegiatan Internasional merupakan kegiatan (transaksi) yangn dilakukan antar negara.


Iqbal, Melcher dan Elmallah (1997:18) mendefinisikan akuntansi internasional sebagai akuntansi untuk transaksi antar negara, pembandingan prinsip-prinsip akuntansi di negara-negara yang berlainan dan harmonisasi standar akuntansi di seluruh dunia. Suatu perusahaan mulai terlibat dengan akuntansi internasional adalah pada saat mendapatkan kesempatan melakukan transaksi ekspor atau impor.


Jadi dapat kita ambil kesimpulan bahwa akuntansi Internasional adalah kegiatan  terkait akuntansi termasuk standar yang digunakan antar negara-negara.


Praktisi akuntansi dikenal sebagai akuntan. Akuntan bersertifikat resmi memiliki gelar tertentu yang berbeda di tiap negara. Contohnya adalah Chartered Accountant (FCA, CA or ACA), Chartered Certified Accountant (ACCA atau FCCA), Management Accountant (ACMA, FCMA atau AICWA), Certified Public Accountant (CPA), dan Certified General Accountant (CGA). Di Indonesia, akuntan publik yang bersertifikat disebut CPA Indonesia (sebelumnya: BAP atau Bersertifikat Akuntan Publik).


Kantor akuntan the Big four  merupakan kantor akuntan internasional terbesar di dunia yang terdiri dari:
  • PricewaterhaouseCoopers 
  • Deloitte 
  • Ernst & Young 
  • KPMG 









Tidak ada komentar:

Posting Komentar