WeLcoMe To my Blog

_WELCOME TO MY BLOG_

Senin, 16 Mei 2011

Pengalaman Membuat Kue Onde-onde

“01 05 11”
Hari ini, hari minggu.. semua keluarga ada dirumah..
mmmm…aku mau bikin sesuatu buat cemilan dirumah, di rumah masih ada wijen sisa membuat kue untuk pernikahan kaka ku beberapa minggu yang lalu. Waktu itu ayahku memang membeli wijen cukup banyak, dan tidak semua wijen dipakai untuk bikin kue waktu itu, jadinya masih banyak wijen yang masih tersisa deh..

Aku ingin membuat sesuatu dengan wijen itu, yang bisa dimakan pastinya..Pikir,pikir,pikir.. akhirnya muncul ide buat bikin kue onde-onde. Tapi waktu itu ragu karena belum pernah bikin kue itu sebelumnya, dan Tanya sama keluarga juga ga ada yang bisa buatnya. Ahirnya searching aja di internet. Semua bahan dan langkah-langkah sudah di catet. Mulai deh buat kuenya..

Sempet kerepotan nyari daun pandan buat bahannya, karena di daerah rumah ga ada yang punya pohon itu, meskipun ada masih kecil dan muda daunnya ga tega buat nyabutnya.. akhirnya aku ganti pake vanili buat pewangi aromanya…Sempet juga beberapa kali bolak balik ke warung untuk beli bahan yang kelupaan,sebenernya bahan-bahannya gak ribet. Cuma karena baru pertama kali bikin itu jadi belum professional. Banyak bahan yang kelupaan di beli.hehe
Sekarang waktunya Mulai membuat kue onde-onde, bagi yang butuh tipsnya aku mau berbagi nih..

Bahan : 300gr tepung ketan, 100gr kentang kukus lalu haluskan, 100gr gula halus, 175ml santan di panaskan, ½ sendok the garam, 1oogr wijen.

Bahan isi : 125gr kacang hijau kupas, 1000ml air, 3 lmbr daun pandan, 100gr gula pasir, 100ml santan.

Cara membuat :
1.Buat isi : didihkan kacang hijau & daun pandan sampai kental. Tambahkan gula pasir, sambil di aduk. Setelah kering masukkan santan & masak hingga adonan bening & kalis. Setelah dingin bulat sebesar kelereng.

2.Seduh tepung ketan dan santan panas sambil diuleni. Masukkan kentang, gula, & garam. Uleni sampai tercampur rata.

3.Ambil 25gr adonan, tipiskan lalu masukkan isi lalu bulatkan. Masukkan ke dalam air sebentar lalu gulingkan di wijen.

4.Goreng dengan api kecil hingga matang.

Sempet keribetan buat kue itu, soalnya butuh beberapa orang buat bantu juga, eh,,,kaka iparku datang. Akhirnya bertambah bantuan tenaga,hehe rame yah Cuma bikin kue onde-onde aja..

Setelah adonan jadi ku buat, sekarang waktunya bagi-bagi tugas.Kaka iparku bantu membulat-bulatkan, adikku membentuk bulatan isinya sesekali dia ikut membentuk adonan menjadi bulat juga sampai jadi. Tanteku bantu menguleti ke wijennya. Dan aku yang menggorengnnya. Sempet deg-deg an takut kue onde-ondenya ga jadi..

Osreng,osreng,osreng… jadi deh… mmm aromanya si memang tidak sewangi yang biasa para penjual kue onde-onde. Yah maklumlah, bukan tukangnya.hehe
Trus kita sama-sama menyantap kue itu..mmm..rasanya enak (komentar keluarga yang mencicipi) Hehe, ga nyangka ternyata bisa bikin kue onde-onde. Mungkin buat sebagian orang membuat kue ini adalah hal yang mudah sekali, tapi bagi aku yang sebelumnya belum pernah sama sekali, ini adalah pengalaman menarik..(^_^)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar