WeLcoMe To my Blog

_WELCOME TO MY BLOG_

Senin, 09 November 2009

Jika saya menjadi pemimpin apa yang akan saya lakukan untuk memajuan perkoperasian di indonesia?

Koperasi merupakan suatu sektor usaha yang mempunyai potensi dalam memajukan perekonomian dan berperan serta dalam kestabilan ekonomi.

Jika saya menjadi seorang pemimpin,untuk memajukan perkoperasin di indonesia saya akan membuat suatu upaya-upaya agar perkoperasian di negara ini semakin maju dan berkembang.Saya akan berusaha untuk lebih memperhatikan masalah koperasi di negara ini.Dan terus memberikan insentif terhadap mitra usaha yang membesarkan koperasi.

Terhadap masalah-masalah yang menjadi kendala koperasi, akan di usahakan dengan sungguh-sungguh penyelesaian (solusi) untuk permasalah tersebut.seperti diantaranya masalah kelemahan daya juang koperasi dalam merebut persaingan yang disebabkan keterbatasan peralatan yang dimiliki, rendahnya permodalan, dan keterbatasan pengetahuan anggota, dapat di usahakan solusinya dengan pemberian insentif terhadap mitra usaha yang membesarkan koperasi, Termasuk tambahan APBN pada penjaminan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebagai akses pembiayaan dan upaya percepatan tumbuhnya sektor riil (UKMK),penyediaan peralatan untuk usaha perkoperasian, pengajaran yang lebih detail kepada para pelaku usaha koperasi khususnya yang terlibat langsung seperti para anggota koperasi untuk menambah pengetahuan tentang koperasi dan untuk menghindari keterbatasan pengetahuan anggota mengenai koperasi itu sendiri.

Dan juga terus memberikan sarana & prasarana dalam pemberian penyuluhan kepada masyarakat tentang koperasi seperti seminar-seminar, dll, agar masyarkat mengerti benar manfaat koperasi dan tidak berfikiran yang salah terhadap usaha koperasi.

Selain upaya-upaya seperti yang di sebutkan di atas,dalam memajukan perkoperasian di Indonesia juga harus dilakukan Pemberdayaan koperasi tidak lain agar koperasi menjadi pelaku ekonomi yang tangguh dan pemberdayaan koperasi tersebut tentunya harus dilandasi dengan semangat kerakyatan, kemartabatan, kemandirian, desentralisasi (otonomi daerah), dan nilai moral. Kelima semangat ini, diharapkan menjadi nilai dan prinsip dalam memberdayakan koperasi , serta pengusaha kecil dan menengah menjadi pelaku ekonomi yang tangguh dan professional secara martabat.

Beberapa upaya-upaya di atas di harapkan akan mengembangkan potensi koperasi dalam memajukan perekonomian diIndonesia, disamping kebijakan-kebijakan pemerintah lainnya. Agar perkoperasian di Indonesia menjadi lebih maju dan berkembang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar